Senin, 27 Mei 2013

Malaah browser

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Indonesia merupakan negara pengguna layanan internet yang cukup besar, sehingga marak beredar berbagai jenis web browser di Indonesia. Web browser adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk membuka halaman web. Sarana ini memungkinkan untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan internet, misalnya membaca isi web, memasukkan komentar, menyalin gambar, lagu, bahkan menyalin film dan lain-lain.
Sebut saja Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, Flock dan lain-lain. Software-software tersebut merupakan beberapa contoh web browser yang beredar diIndonesia. Banyaknya web browser yang beredar mendorong munculnya kebingungan di kalangan para penjelajah dunia maya dalam memilih web browser yang harus digunakannya untuk melakukan aktivitasnya. Pada dasarnya, semua web browser memiliki prinsip kerja yang sama, hanya fitur-fitur yang ditawarkannyalah yang berbeda.
Setiap penjelajah dunia maya memiliki kepentingan masing-masing dalam mengakses internet. Oleh karena itu, dalam memilih web browser pun harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak.  Ini juga berlaku pada web browseryang ada di Indonesia. Tiap web browser memiliki kelebihan dan kelemahan,    baik     dalam     hal    surving,    keamanan,   download,   upload
dan lain-lain. Oleh karena itu, jangan sampai para penjelajah dunia maya salah memilih web browser yang seharusnya ia gunakan.
Untuk memilih web browser yang harus digunakan, terlebih dahulu harus diketahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki web browser tersebut dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, para penjelajah dunia maya harus pintar dalam memilih web browser yang sesuai dengan aktivitasnya.
Untuk memudahkan para penjelajah dunia maya dalam memilih web browser yang sesuai dengan kebutuhannya, maka melalui makalah ini kami akan membahas keunggulan dan kelemahan beberapa web browser yang beredar di Indonesia, khususnya Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Google Chrome dan Flock.

C.    Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari makalah ini, sebagai berikut.
1.      Bagaimana perbandingan antara web browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera dan Flock?
2.      Apakah web browser pilihan masyarakat di antara kelima web browser tersebut?

D.    Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini, sebagai berikut.
1.      Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari beberapa web browser yang beredar di Indonesia, seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera dan Flock.
2.      Untuk mengetahui web browser favorit pejelajah dunia maya sehingga memudahkan dalam memilih web browser yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

E.     Manfaat
Adapun manfaat dari makalah ini, sebagai berikut:
1.      Dapat memudahkan para penjelajah dunia maya dalam memilih dan menentukan web browseryang sesuai dengan kebutuhannya.
2.      Dapat menjadi perbandingan terhadap beberapa web browser yang beredar di Indonesia.
3.      Dapat menjadi sumber informasi bagi orang-orang yang belum menentukan web browserpilihannya.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Lima Macam Web Browser Populer
1.      Mozilla Firefox
a)      Deskripsi Umum
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilladan ratusan sukarelawan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah web browseryang kecil, cepat, simpel dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mailMozilla Thunderbird dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browserlainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini.
b)     Kelebihan
Mozilla Firefox memiliki kelebihan-kelebihan, sebagai berikut.
a.       Ukuran aplikasi yang relatif kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding Internet Explorer yang dapat mencapai 80 MB.
b.      Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
c.       Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstallan awal.
d.      Mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian statusbar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
e.       Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas.
f.       Fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
g.      Tampilan browser dapat dikustomisasi menggunakan skin.
h.      Fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser.
i.        Hasil cetak halaman secara otomatis diperkecil, sehingga tidak terpotong seperti halnya Internet Explorer.
j.        Sistem security kuat atau lebih aman, tidak ada lubang-lubang sekuritas seperti yang terdapat pada Internet Explorer.
k.      Banyak fitur tambahan (add-ons), ibarat kepingan puzzle, add-ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
l.        Sangat cocok untuk membuka situs-situs multimedia, seperti YouTube ataupunmetacafe serta mudah mendownload file-file dari situs tersebut.
m.    Updatenya mudah.
n.      Mendukung Flash, Java servlet dan applet.
o.      Cocok untuk mendownload file berukuran besar, karena sudah memilikidownload manager sendiri, apalagi jika memasang plugin Flashgot, IDM,  Down Them All dan lain sebagainya.
p.      Hemat resource memory.
c)      Kekurangan
Dari sekian banyak kelebihan-kelebihan yang dimiliki Mozilla Firefox, softwaretersebut ternyata juga memiliki kekurangan, sebagai berikut.
a.       Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak add-ons yang terinstall.
b.      Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browserMozilla Firefox
c.       Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membukalink langsung dari e-mail di Outlook.
d.      Tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasiUSB-cradle, misalnya untuk mendownload web calendar.
e.       Terdapat perbedaan penampilan halaman situs dengan Internet Explorer, terlebih apabila halaman situs dirancang untuk menampilkan halaman tersebut dengan benar.
f.       Instalasi plugin tidak semudah pada Internet Explorer, misalnya untuk menginstallFlash Player, Shockwave, Java Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis). Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi Microsoftsecara online, misalnya aktivasi Microsoft Reader.
g.      Beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol submit di layar.
h.      Kurang cepat jika dibandingkan dengan Opera.
i.        Aplikasinya berat jika terlalu banyak plugin.
j.        Pada setiap tab yang dibuka memiliki proses yang bersatu, sehingga ketikaerror/crash pada salah satu tab maka akan meyebabkan seluruh browser error.
1.      A
2.      Internet Explorer
a)      Deskripsi Umum
Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecualiWindows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
Internet Explorer hingga kini masih merupakan penjelajah web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan penjelajah web, menurut sebuah perusahaan pengulas web WebSideStory. Internet Explorer diikutkan sebagai penjelajah webbawaan (default) di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa waktu lalu menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah dimutakhirkan dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenaispyware yang telah menyerang Internet Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk memutakhirkan Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.
b)     Kelebihan
Internet Explorer memiliki beberapa kelebihan, sebagai berikut.
a.       Menyediakan add-ons, walaupun tidak sebanyak Mozilla Firefox.
b.      Khusus Internet Explorer 8, tampilannya lebih elegan dan menarik.
c.       Bagi pengguna Windows Live maka akan dimanjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live. Jadi, jika pengguna mempunyai e-mail di Hotmail, Windows Live, juga Windows Messenger bisa langsung mengaksesnya dengan 1 tombol.
d.      Mendukung teknologi Web Slices.
e.       Mendukung Silverlight (Flash versi Microsoft yang sedikit lebih keren).
c)      Kekurangan
Dari kelebihan-kelebihan yang ditawarkan Internet Explorer, juga terdapat beberapa kekurangan, sebagai berikut.
a.       Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS).
b.      Berat saat awal start dan saat membuka tab baru.
c.       Banyak bug.
d.      Lebih lambat dibandingkan web browser lainnya.
e.       Security paling lemah, mudah diserang cracker dan juga gampang terkena virus.
f.       Pada setiap tab yang dibuka memiliki proses yang bersatu, sehingga ketikaerror/crash pada salah satu tab maka akan meyebabkan seluruh browser error.

3.      Google Chrome
a)      Deskripsi Umum
Google Chrome adalah sebuah web browser yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa dan publik adalah rilis stabil pada 11 Desember 2008. Versi Mac OS X dan Linux pun sudah dirilis. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.
b)     Kelebihan
Beberapa kelebihan yang dimiliki Google Chrome, sebagai berikut.
a.       Aplikasinya ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindahtab.
b.      Desainnya simpel dan minimalis sehingga tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.
c.       Updatenya mudah.
d.      Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan cracker.
e.       Modus penyamaran yang memungkinkan para penggunanya dapat mengakseswebsite tanpa meninggalkan jejak.
f.       Aplikasi web pada Google Chrome memberikan opsi “Make Application Shortcut.” Dengan fitur ini, sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau GoogleTeader dapat dijalankan lewat shortcut pada desktop atau start menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.
g.      Pengelolaan memori.  Pada setiap tab yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika error/crash pada salah satu tab tidak akan meyebabkan seluruh browser error.
h.      Google Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, Google Chrome saat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatuwebsite dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
i.        Google Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuahwebsite. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi klikbca.
j.        Bugnya sulit dieksploitasi.
c)      Kekurangan
Tak hanya kelebihan saja yang ada pada Google Chrome, namun software ini juga memiliki beberapa kelemahan, sebagai berikut.
a.       Statis, fiturnya kurang banyak.
b.      Installnya harus dalam keadaan online (terkoneksi ke internet), Google Chrome tidak menyediakan file masternya, jadi jika ingin menginstall hanya diberi filelauchernya saja.
c.       Privasi kurang terjaga karena Google Chrome menyimpan 2% data pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IPnya. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu data ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa, mencari apa dan di mana.”
d.      Google Chrome sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi poin ini telah dicabut oleh pihak Google.
e.       Beberapa pakar security menemukan adanya lubang kecil/bugs pada Google Chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuatbrowser ini menjadi crash. Lalu Google Chrome juga memiliki fitur downloadotomatis yang dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh cracker.
f.       Pada Google Chrome tidak terdapat extension/plugin/add-ons yang dapat ditambahkan agar dapat meningkatkan kinerjanya.
g.       Pada Google Chrome ketika hendak memilih untuk menggunakannya dalam Bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.

4.      Opera
a)      Deskripsi Umum
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak internet antarplatform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk internet seperti penjelajah web serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera SoftwareCompany yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Jika Firefox punya add-ons,  Opera punya Opera Widgets, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya add-onsfirefox.
Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh penjelajah weblainnya, sebagai berikut Opera Unite, Privat Browsing serta memiliki mesin javascript (yang bernama Carakan).
b)     Kelebihan
Beberapa kelebihan yang dimiliki Opera, sebagai berikut.
a.       Aplikasinya ringan.
b.      Memiliki e-mail client dan RSS sendiri, jadi tidak perlu memakai e-mail client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lain-lain.
c.       Pemanggilan kembali cache dapat dilakukan dengan cepat.
d.      Banyak fitur yang memudahkan pemakaian, seperti speed dial.
e.       Mendukung flash.
f.       Opera 10 memiliki fitur turbo yang merupakan teknologi kompresi, sehingga data yang didownload lebih cepat terpanggil, serta cocok buat yang memakai internet quota, karena dapat menghemat bandwith pada saat koneksi lambat.
g.      Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik.
h.      Memiliki platform teknologi baru yaitu Opera Unite yang memungkinkan Anda untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, foto dan banyak lagi hal lainnya  langsung dari browser.
i.        Memiliki fasilitas yang dikenal dengan nama Opera Widget seperti halnya add-onspada Mozilla Firefox.
j.        Memiliki tampilan baru dan fitur yang disebut dengan private browsing, fitur yang bikin kegiatan berinternet tidak tercatat pada history.
k.      Di Windows 7 atau Vista, Opera dapat menyatu dengan Aero Glass dan mendukung Aero Peek serta Jump Lists.
l.        Memiliki tampilan skin yang dapat diganti.
c)      Kekurangan
Tak hanya kelebihan saja yang ada pada Opera, namun software ini juga memiliki beberapa kelemahan, sebagai berikut.
a.       Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs.
b.      Untuk mengupdatenya harus mendownload kembali file masternya.
c.       Belum mendukung Java servlet dan sulit jika membuka situs yang terdapat AJAX, (contohnya jika membuka situs facebook.com, pengguna belum bisa mengedit untuk menghapus komentar teman di Opera dan belum bisa menggunakan aplikasitouchgraph pada Facebook).

5.      Flock
a)      Deskripsi Umum
Flock adalah nama sebuah browser yang dibuat berbasiskan teknologi Mozilla Firefox yang akan mempermudah pengguna untuk terhubung langsung ke blog, e-mail dan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan sebagainya.
Flock memang memfokuskan diri untuk mereka yang menggunakan internet secara aktif. Ia memiliki banyak fitur yang menunjang untuk itu. Seperti People Sidebar di mana Anda dapat langsung terhubung ke Facebook, YouTube, Flick, Twitter dan Digg. Selain itu ada juga Media Bar di mana pengguna dapat menemukan foto dan video yang menarik dari situs favorit masing-masing.
b)     Kelebihan
Beberapa kelebihan yang dimiliki Flock, sebagai berikut.
a.       Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, MySpacemenggunakan menu photo uploader.
b.      Terintegerasi langsung dengan situs jaringan sosial.
c.       Update status Facebook langsung tanpa membuka website (tentunya harus sudahlogin) dan juga mengetahui update status teman melalui People Sidebar.  Juga bisa terintegrasi dengan Flickr, Twitter, Youtube, MySpace dan Digg.
d.      Cek e-mail melalui menu webmail.
e.       Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress,Xanga dan juga akun blog pribadi Anda.
f.       People Sidebar, sidebar yang satu ini merupakan media yang memudahkan untuk mengakses empat website keren, yaitu Facebook, Flickr, Twitter dan YouTube.
g.      Media Bar, bar yang akan muncul di atas halaman yang sedang dinavigasikan ini akan menunjukkan karya-karya hebat dari pengguna Flickr dengan aspek rasio 1:1.
h.      Accounts and Services Sidebar ini akan membantu kita untuk login ke beberapawebsite pilihan Flock, sehingga mempermudah akses. Namun, sebaiknya tidak digunakan di shared computer.
i.        Web Clipboard, Drag and drop teks, link atau gambar ke sidebar ini, dan pengguna akan mendapatkannya menempel di clipboard. Clipboard ini membantu kita mendapatkan hal-hal tersebut tanpa menyimpannya secara permanen sebagaifile di harddisk.
j.        Selain untuk sistem operasi Windows, Flock juga tersedia untuk Linux. Jadi, bagi pengguna Linux masih tetap bisa menikmati fitur dari Flock.
c)      Kekurangan
Tak hanya kelebihan saja yang ada pada Flock, namun software ini juga memiliki beberapa kelemahan, sebagai berikut:
a.       Flock membutuhkan resources yang lebih besar.
b.      Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama.
c.       Skin Flock pun saat ini masih terbatas.
d.      Security masih terbilang lemah.

B.     Perbandingan Kelima Web Browser Populer
Untuk memudahkan dalam memilih web browser yang sesuai dengan kebutuhan kita, maka kita harus mengetahui perbandingan dari web browser yang beredar. Berikut ini adalah perbandingan dari kelima web browser yang telah dibahas di atas yang merupakan beberapaweb browser populer di Indonesia.

Tabel Perbandingan Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera dan Flock
No Perbandingan Mozilla Firefox Internet Explorer Google Chrome Opera Flock
1. Kecepatan Lambat saat start Lambat Cepat Cepat Agak cepat
2. Add-ons Ada Tidak ada Tidak ada Ada Tidak ada
3. Plugin Ada Ada Ada Ada Ada
4. Keamanan Kuat Paling lemah Kuat Agak lemah Agak lemah
5. Skin Banyak Tidak ada Tidak ada Ada(terbatas) Ada(terbatas)
6. OS Windows, Linux, MacOS HanyaWindows Windows, Linux Windows, Linux, MacOS Windows, Linux, MacOS
7. Fitur tambahan Banyak Sedikit Agak banyak Banyak Banyak

Setelah melihat perbandingan dari kelima web browser di atas, tentunya pengguna sudah bisa menentukan web browser pilihannya. Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera ataukah Flock? Tentukan pilihan Anda sekarang!

C.    Web Browser Favorit Penjelajah Dunia Maya
Mungkin dengan mengetahui perbandingan dari beberapa web browser saja belum cukup untuk membantu pengguna menetukan web browser pilihannya. Oleh karena itu, pengguna harus mengetahui pendapat para penjelajah dunia maya lainnya tentang web browser favorit mereka. Berikut hasil survei penulis tentang web browser yang paling diminati di kalangan penjelajah dunia maya saat ini.
Berdasarkan hasil survei di atas, dapat dilihat bahwa sekarang ini penjelajah dunia maya yang menggunakan Mozilla Firefox sebesar 42%, pengguna Internet Explorer sebesar 8%, pengguna Google Chrome sebesar 22%, pengguna Opera sebesar 17 % dan pengguna Flock sebesar 12%.
Survei tersebut menunjukkan bahwa web browser favorit para penjelajah dunia maya adalah Mozilla Firefox. Hal ini dikarenakan Mozilla Firefox memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah fasilitas add-ons yang banyak sehingga dapat membantu aktivitas penjelajah dunia maya, misalkan untuk mendownload file-file berukuran besar, mendownload video/film, bermain game online dan lain-lain, sehingga dapat menutupi kekurangan yang dimiliki Mozilla Firefox sendiri. Sedangkan alasan penjelajah dunia maya kurang berminat pada Internet Explorer karena sistem keamanannya lemah, sehingga sering menjadi sasaran empuk paracracker.
Adapun web browser Google Chrome, Opera dan Flock masih terbilang sedikit penggemarnya karena web browser tersebut masih baru di mata penjelajah dunia maya. Para penjelajah dunia maya belum yakin untuk mencoba web browser tersebut walaupun keunggulan yang ditawarkan cukup menggiurkan. Namun, sudah cukup banyak yang menggunakan web browser tersebut dengan alasan aksesnya yang cepat dan sistem keamanannya cukup bagus serta aplikasinya ringan. Para  pakar teknologi memprediksi bahwa beberapa tahun ke depan, ketiga web browser tersebut akan menjadi pesaing beratweb browser-web browser yang beredar di pasaran Indonesia.
Sekarang giliran Anda menetukan web browser pilihan Anda! Apakah Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera atau Flock? Pilihlah web browser yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan masing-masing sehingga dalam menggunakannya, pengguna merasa nyaman dan dapat mempermudah aktivitas  serta menjamin keamanan privasi pengguna.
Pengguna pun bisa menginstall beberapa web browser tersebut jika menginginkan keunggulan yang lebih banyak. Namun, tidak sepenuhnya yang didapatkan hanya keunggulannya saja, tetapi pengguna juga harus mengambil resiko dari kekurangan-kekurangan web browser tersebut. Jadi, jika ingin menggabungkan beberapa web browsertersebut, pilihlah beberapa yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak menghabiskan resources memory computer. Oleh karena itu, pengguna harus jeli dalam memilih salah satu web browser ataupun beberapa web browser untuk digabungkan sehingga dapat membantu kelancaran aktivitasnya dalam menjelajahi dunia maya.
Anda yang memilih, Anda juga yang menentukan. Jadi, tentukan pilihan Anda sekarang dengan tepat!

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami ambil dari makalah ini, sebagai berikut.
1.      Perbandingan web browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera dan Flock dapat dilihat dari segi kecepatan, add-ons, plugin, sistem keamanan, skin, sistem operasi dan fitur-fitur tambahan lainnya.
2.      Berdasarkaan hasil survei yang penulis lakukan, web browser favorit penjelajah dunia maya saat ini adalah Mozilla Firefox. Hal ini dikarenakan Mozilla Firefox memiliki banyak keunggulan, di antaranya fasilitas add-ons yang banyak sehingga dapat membantu aktivitas penjelajah dunia maya, misalkan untuk mendownload file-file berukuran besar, mendownload video/film, bermain game online dan lain-lain, sehingga dapat menutupi kekurangan yang dimiliki Mozilla firefox sendiri.

B.     Saran
Dalam memilih web browser, pilihlah web browser yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas masing-masing serta memperhatikan keunggulan, fitur-fitur yang ditawarkan juga kekurangan web browser itu sendiri. Dengan demikian, aktivitas penjelajah dunia maya akan lebih terbantu dengan web browser yang digunakannya. Jika ingin menggabungkan beberapaweb browser untuk digunakan, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan sehingga dapat saling melengkapi satu sama lain dan dapat mengehemat resources memory computer dibandingkan jika menginstall semua web browser dalam komputer.

DAFTAR PUSTAKA
Muhson, Ali dan Lalu Hari Suryadi. (2009). Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI untuk SMA/MA. Klaten: Saka Mitra Kompetensi.
Sumber Internet:
Club, TDW. (2010). http://www.tdwclub.com/teknologi/kelebihan-dan-kekurangan-internet-browser-mozilla-firefox/. Diakses tanggal 30 Oktober 2010.
Iswara, Dani. (2009). http://daniiswara.net/2009/04/antara-peramban-opera-safari-google-chrome-flock-firefox/. Diakses tanggal 28 Oktober 2010.
Kurniadi, Faried. (2010). http://fariedkurniawan.multiply. com/journal/item/32/ Perbandingan_Browser_Firefox_Internet_Explorer_Google_Chrome_dan_Opera. Diakses tanggal 25 Oktober 2010.
NN. (2007). http://tanpashell.wordpress.com/2007/11/11/flock-the-social-web-browser/.Diakses tanggal 28 Oktober 2010.
Rustani, Deni. (2010). http://fourthfebruary.wordpress.com/2010/02/25/21/. Diakses tanggal 28 Oktober 2010.
Specta II Community. (2010). http://id-id.facebook.com/note.php?note_id=11085027
         5616473. Diakses tanggal 28 Oktober 2010.
Wikipedia. (2010). http://id.wikipedia.org/wiki/Google_Chrome. Diakses tanggal 26 Oktober 2010.
Wikipedia. (2010). http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Explorer. Diakses tanggal 25 Oktober 2010.
Wikipedia. (2010). http://id.wikipedia.org/wiki/Mozilla_Firefox. Diakses tanggal 25 Oktober 2010.
Wikipedia. (2010). http://id.wikipedia.org/wiki/Opera_(perangkat_lunak). Diakses tanggal 25 Oktober 2010.
Yahoo! Answer. (2010). http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AqkwJWeb
7. DOqJeHtyunzxkWZnRG;_ylv=3?qid=20101028040516AA4l1WM. Diakses tanggal 30 Oktober 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar